Saturday, 6 February 2016

Ada Partikel Tuhan? Are You Kidding Me ??


Partikel Tuhan?
Dari judulnya terdengar mengerikan, parah.. begitu berani, eitss.. Don't judge the article from it's tittle hehe.. Kali ini saya ingin memposting sebuah catatan yang menarik dari seorang kaka tingkat saya dulu di Universitas yang sama dan di Jurusan yang sama pula. Dan sekarang beliau sedang menempuh S2 nya di Universitas Indonesia.

==================================================
(catatan: jangan berhenti di judul ! baca sampai tuntas !)
==================================================
sumber: plus.google.com

saat mengisi mata kuliah fisika di salah satu jurusan teknik ada mahasiswa yang bertanya tentang PARTIKEL TUHAN yang beberapa waktu lalu sempat menggemparkan.
berikut saya tulis jawaban saya pada mahasiswa tersebut yang saya kutip dari beberapa keterangan para pakar fisika terkait itu..
semuanya berawal dari sesuatu yang kita sebut "MASSA"
=================================================

apa yang sedang kamu lihat? "HANYA sebuah piring."
apa yang sedang kamu lihat? "HANYA hamparan langit tak terbatas yang berwarna biru."

apa yang sedang kamu lihat "HANYA jutaan bintang yang berkelip."
mungkin ketika seseorang ditanya dengan pertanyaan diatas, dia akan menjawab seperti kalimat yang ada dalam tanda kutip. tapi tidak demikian halnya dengan orang-orang yang bergelut dalam ilmu fisika. ketika kami diberikan satu pemandangan alam semesta dari mulai yang sangat sederhana seperti misalnya melihat sebuah piring sampai pemandangan yang menakjubkan seperti menyaksikan milyaran bintang yang bertebaran di angkasa raya, kami selalu bertanya mengapa sesuatu bisa terjadi dan yang lain tidak. mengapa sesuatu ada dan yang lain tidak ada. mengapa alam berperilaku sedemikian rupa dan tidak memilih perilaku lain.

untuk hal yang tampak sangat sederhana bagi sebagian orang, kami selalu memandangnya sebagai sesuatu yang kompleks dan menakjubkan.

sebuah piring berwarna orange di depan kamu mungkin tidak membuatmu tertarik jika tidak terisi oleh makanan yang enak. tapi kami memikirkan sesuatu yang berbeda yang membuat kami memperhatikan piring tersebut begitu lama.

Bagaimana kita bisa melihat sebuah benda pipih dan kita mengatakan bahwa itu adalah sebuah piring berwarna orange? cahaya yang terdiri dari berbagai panjang gelombang dari sumber tertentu datang menuju objek bernama piring. sebagian cahaya ada yang dipantulkan dan ada yang diserap. untuk benda yang memantulkan semua panjang gelombang, maka kita akan melihat benda tersebut berwarna putih, benda yang menyerap semua panjang gelombang, maka kita akan melihatnya berwarna hitam, sedangkan benda yang hanya memantulkan panjang gelombang sinar tampak dalam frekuensi orange maka kita melihatnya berwarna orange. bagaimana interaksi gelombang dengan elektron pada kulit atom tertentu yang menjadi penyusun piring? terlalu panjang dan rumit untuk dibahas disini.
Sampai disitu?
tidak. cahaya dengan panjang gelombang orange akan sampai di mata kita yang kemudian akan diubah menjadi muatan listrik yang kemudian akan dikirim ke otak melalui sel-sel saraf. Disana neuron-neuron akan mengumpulkan jutaan data tentang bentuk, nama, warna dari benda dan pada akhirnya kita akan mengatakan bahwa

"SAYA SEDANG MELIHAT SEBUAH PIRING BERWARNA ORANGE".

Tentu saja banyak proses yang saya tidak saya tulis dalam tulisan ini karena berbagai keterbatasan. proses pada kenyatannya melibatkan hal-hal yang jauh lebih kompleks. SUBHANALLAH betapa canggih dan teraturnya alam semesta yang diciptakan Allah. ternyata melalui sebuah piring kita bisa mentafakuri kebesaran Allah.

ini hanya sebuah piring, bagaimana dengan sebuah bintang dengan reaksi fusi nuklir yang sangat rumit yang berkelip-kelip di jagat raya tak berbatas?. SUBHANALLAH.
hal lain yang banyak orang anggap sederhana dan tak perlu ditanyakan tapi para fisikawan pikirkan secara mendalam adalah apa yang kita sebut sebagai MASSA.

Apa itu massa? ketika ada orang yang bertanya tentang berapa masa kita, kita lantas menawab massa kita 50 kilogram, atau ketika kita membeli daging di pasar kita berkata kita membeli 2 kilogram daging. tapi apa sebenarnya itu massa? apa yang menyebabkan sesuatu memiliki massa? sekian lama para fisikawan memikirkan itu. jika massa adalah ukuran partikel yang terkandung dalam sebuah benda, tapi bukankah partikel itu juga punya massa? dan partikel elementer tidak tersusun dari partikel yang lebih kecil. lantas apa itu sebenarnya massa dan bagamana sesuatu bisa memiliki massa?

saya teringat dengan sebuah forum seminar dimana Brian Greene, seorang fisikawan teoritis Cambridge University menjelaskan bahwa seorang fisikawan , Peter Higgs, mengusulkan bahwa penyebab sesuatu memiliki massa adalah karena adanya resistansi terhadap sebuah medan yang pada akhirnya dinamakan medan higgs. namun pembuktian adanya medan higgs harus disertai dengan penemuan sebuah partikel. nah partikel inilah yang sangat diharapkan oleh para fisikawan agar secepatnya ditemukan. namun sekian lama belum juga ditemukan dalam eksperimen. karena kesal, maka para fisikawan menamakannya GODDAMN PARTICLE atau dalam bahasa indonesia diartikan partikel sialan. dinamakan seperti itu sebagai bentuk kekesalam para fisikawan karena partikel ini tidak juga ditemukan. karena bahasanya dinilai terlalu kasar maka "dipotong" lah kata GODDAMN PARTICLE menjadi GOD PARTICLE yang kebetulan jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia menjadi partikel tuhan. tapi sebenarnya penamaan ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Tuhan ataupun agama.

Allah itu maha esa dan tidak ada sesuatu pun yang menyamaiNya. Allah adalah dzat yang berada diluar jangkauan manusia. maha suci Allah dari dipersamakan dengan makhlukNya.
mudah-mudahnya bermanfaat. mohon koreksi dan maaf jika ada kesalahan

Sumber:
Note yang dibuat pada tanggal 6 Oktober 2014

Thursday, 4 February 2016

Satu Bintang yang Paling Terang


Malam itu langit begitu cerah. Taburan milyaran bintang berkelip terlihat begitu cantik. Sesekali terlihat titik bercahaya melintas diantara celah celah bintang. Entah itu adalah asteroid yang terjebak medan gravitasi bumi dan terbakar karena panasnya atmosfir bumi atau pesawat patroli atau UFO dari peradaban cerdas di galaksi lain, atau hanya kunang kunang yang terbang tepat diatas kepala.
Dibelahan langit lain tampak benda bulat besar. ia tidak pernah bisa menghasilkan cahaya sendiri. Tidak ada reaksi termonuklir dalam intinya sepertihalnya pada milyaran bintang. Tapi pancaran cahayanya melengkapi keindahan langit malam.
Alam semesta begitu luas dan sunyi. Ia menyimpan rapat segala misteri. Hingga kita memecahkan teka tekinya satu persatu.
=================================
"Nak, Kamu bisa hitung berapa jumlah bintang yang ada di sebelah sana. Tepat sejajar diatas pohon itu"
"Hmmm....sebentar aku coba hitung"
"Ada....23"
"Hmmm...kamu salah....coba perhatikan dengan seksama"
"Sebentar....oh iya aku tidak menghitung yang itu....ternyata ada 24"
"Masih salah....ada beberapa lagi yang agak redup. Tapi juga ada di situ"
"Masa? Sebentar....oooh iya iya aku melihatnya....di sebelah sana ternyata ada satu lagi...sekarang jumlahnya berarti 25"
"Masih salah nak"
"Pak, setiap saya menghitung berapa jumlahnya dan mendapatkan sebuah angka, selalu ada bintang yang muncul lagi disana. Jumlahnya pasti banyak. Bisa milyaran atau trilyunan"
"Begitulah hidup nak"
"Maksud bapak?"
"Dalam perjalan hidup kamu nanti, kamu pasti akan menemukan seseorang yang menurut kamu cocok untuk menjadi pendamping hidup kamu. Kamu yakin dan berencana untuk meminangnya. Tapi tiba tiba keraguan muncul dibenakmu ketika kamu bertemu dengan orang lain yang terlihat jauh lebih baik dari dia. Begitupun seterusnya. Kamu berpikir bahwa diluar sana pastilah banyak wanita yang jauh lebih cantik dan lebih baik.
Ingat nak....di dunia ini tidak ada yang sempurna. Jika kamu terus berpikir ada yang lebih baik dari dia dan seterusnya maka perjalanmu tidak akan pernah sampai. Karena selalu ada langit diatas langit. Selalu ada angka diatas angka.
Sejatinya cinta adalah ketika kalian nanti bisa saling melengkapi dan menutupi kekurangan masing masing. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menghitbahnya, berarti kamu sudah siap menerima segala kekurangannya"
"Sekarang aku paham pak...seperti jumlah bintang disana, jumlahnya selalu lebih dari yang aku hitung. Selalu ada angka diatas angka...dan aku tidak perlu mencari bintang mana yang paling terang. Tapi cukup pilih satu."
"Kamu benar nak....dan bintang yang kamu pilih akan menjadi bintang yang paling terang bagimu diantara milyaran bintang lainnya"
=================================
Laboratorium Fisika
4 Februari 2016


Wednesday, 3 February 2016

Apa Perlu Detective Conan untuk Pecahkan Kode Dibalik Lampu Tabung?

Udah hampir 2 bulan lampu ruang tengah di kosan mati, kebetulan lampu yang digunakan bukan lampu pijar melainkan lampu pendar. Alhasil kita tidak bisa menggantinya begitu saja. Loh? Kenapa?

Lampu pendar (fluorescent light) atau lampu TL (tube lamp) atau yang kita kenal dengan nama lampu neon, ditemukan dengan satu tujuan: Untuk membuat kita bingung haha.. dan akhirnya saya juga bingung.

Mungkin kalian bertanya kenapa sih kita tidak bisa mengganti lampu pendar begitu saja? dan apa yang membuat bingung?

Baiklah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai lampu pendar dan lampu pijar biasa, supaya tidak bingung lagi :D

Ketika lampu pijar biasa yang ada di rumah kita mati, kita bisa menggantinya cukup dengan membeli bola lampu yang baru dan memasangnya. Namun, hal ini berbeda ketika masa bakti lampu pendar telah habis alias padam, ketika akan menggantinya yang baru kita harus memperhatikan kode rahasia yang ada di balik lampu pendar tersebut, kodenya ada di tabung lampu.

Contohnya kode pada tabung lampu adalah tulisan "F20CW-T12" lalu kita menggantinya dengan tabung lampu yang bertuliskan "F15W-A10", apakah lampu itu akan menyala? Atau malah meledak ketika kita nyalakan?

Berdasarkan pengalaman memang biasanya meledak :D
Maka alangkah baiknya baca artikel ini sampai selesai ya.. 

Sekarang ayo kita uraikan kode dibalik tabung tersebut, kode pada tabung tersebut mengandung arti dan sebenarnya kode itu di buat bukan untuk kita.. melainkan untuk orang yang menjualnya kepada kita.. Biar keliatan pinter , itu sih kata bapak Robert L. Wolke dalam bukunya. :D

Lampu tabung ada berbagai macam bentuknya, ada yang bentuk U, lurus dan lingkaran; memiliki kebutuhan daya (wattage); memancarkan warna cahaya tertentu; dan juga memiliki diameter tertentu. Huruf-huruf dan angka pada tabung lampu tersebut menyediakan informasi itu semua dengan urutannya sebagai berikut:
  1. Bentuk
  2. Kebutuhan daya
  3. Warna
  4. Diameter
Disini saya akan menguraikan kode tersebut, agar mudah dipahami saya buat rangkumannya seperti ini:

Bentuk lampu
U = lampu bentuk U
C = lampu bentuk lingkaran
dan untuk bentuk lurus tidak ada simbolnya
Lampu pendar bentuk U

Lampu pendar bentuk Lingkaran

Lampu pendar bentuk lurus

Kebutuhan Daya
Angka 4, 5, 8, 13, 15, 20, 30, 40 dan berapapun itu, angka tersebut menunjukan kebutuhan daya lampu tersebut, biasanya kebutuhan daya lampu pendar lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan daya lampu pijar dengan terang yang sebanding, karena cahaya lampu pendar 2 sampe 4 kali lebih efisien.

Kode warna cahaya
Untuk kode ini biasanya dituliskan seperti dibawah ini:
W = White (putih)
CW = Cool White (putih sejuk)
WW = Warm White (putih hangat)

Diameter Tabung
Setiap lampu tabung memiliki diameter yang berbeda-beda maka dari itu kita harus mengetahui diameter tabung lampu yang kita gunakan ketika kita akan menggantinya dengan yang baru. Tapi sebelumnya jangan kesal ya ketika saya membahas ini.. hehe
Mau tau kenapa?
Dalam mengetahui diameter tabung kita harus menggunakan satuannya adalah /8 inch. Jadi kalau disana tertulis T8 sama saja dengan 1 inch, karena 8/8 inch = 1 inch, kalau T12 ya berarti sama saja 12/8 inch = 1,5 inch.. haha sabar ya

Selain itu khusus untuk lampu tabung pasti akan ditulis huruf F yang artinya fluorescent, jangan sampai kita memasang lampu pendar pada soket lampu pijar.. mungkin itu tujuannya :D

Nah.. bagaimana? Harus jadi detective dulu buat mecahin kode lampu? Mudah-mudahan penjelasan tadi cukup membantu untuk Anda semua. Terimakasih atas kunjungan ke blog saya atau bisa juga mengunjungi blog saya yang lainnya disini :D


Sumber :  Robert L. Wolke, Penejalsan  ilmiah tentang kehidupan sehari-hari

Saturday, 5 December 2015

The Message Behind Physics Formula

Selamat pagiiii...
para pendatang di blog ini pasti heran 'Ni orang ngomongnya selamat pagi terus dah..' hahaha... :D

biar kalian semangat terus makanya biasakan ucapkan selamat pagi. loh? Korelasinya apa ya? hmmm.. sudah lupakan saja gak penting.. hehe

Kali ini saya ingin membahas sebuah pesan dibalik rumus Fisika. Berhubung saya suka pelajaran fisika dan akhirnya terjerumus ke jurusan pendidikan fisika.. selama ini kita memandang pelajaran fisika adalah pelajaran yang bisa bikin pusing kepala bahkan bukunya bisa jadi obat tidur paling mujarab... :D


Ternyata rumus-rumus dalam fisika memiliki arti kawan.. ya asalkan mau nyambung-nyambungin sama kehidupan :)
okee.. ini dia pesan yang terkandung di rumus fisika :

1. Hukum Kekekalan Energi Mekanik

Rumusnya adalah Em = Ek + Ep. Kalau dijabarkan Energi Mekanik = Energi Kinetik + Energi Potensial.. Setiap orang pasti punya mimpi kan? Dalam mewujudkan impian kita harus terus bergerak (berusaha) dan manfaatkan potensi yang kita miliki.

2. Usaha

W = F x S yang artinya Usaha = Gaya x Perpindahan. Nah misalkan s itu adalah perubahan yang akan mengarah ke hal yang lebih baik.. ketika kita ingin memperbesar perpindahan/perubahan maka rumusnya S = W/F.. dalam kehidupan jika kita ingin menciptakan perubahan/perpindahan yang jauh lebih baik maka kita harus memperbesar usaha kita dan memperkecil gaya. Jadi intinya jangan kebanyakan gaya ... :D

3. Tekanan

P = F/A yang artinya semakin besar tekanan yang dirasakan berarti semakin kecil luas permukaannya. Makanya kalau kalian lagi tertekan jangan biarkan hati kalian yang menanggung semuanya, bagi-bagi sama anggota tubuh lainnya.. biar luas permukaan tekanan jadi lebar, jadi tekanan yang dirasakan kecil. hehehe

4. Kecepatan

Rumusnya adalah V = S/t . Dalam kehidupan sehari-hari ketika kita ingin mencapai sebuah tujuan dan kita ingin mewujudkannya dalam waktu singkat maka, kita harus memperbesar kecepatan kita dalam mencapai tujuan tersebut, namun jika kita bermalas-malasan (kecepatan kecil) maka kita akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai tujuan tersebut.

sebenarnya masih banyak kawan pesan-pesan dibalik rumus fisika.. :)
ohya ada 1 pesan lagi tentang gravitasi. Dengan adanya gravitasi menyebabkan setiap benda yang memiliki massa ketika dilempar setinggi-tingginya pasti akan jatuh kebawah. Jadi setinggi apapun pencapaian kita, jangan pernah sombong, karena suatu saat adakalanya kita terjatuh.. :)



Friday, 4 December 2015

Besaran dan Satuan

Ketika mendengar istilah besaran dan satuan kita langsung teringat dengan salah satu pelajaran di SMP maupun di SMA, apa itu? Ya, Fisika. Kedua kata tersebut tidak terlepas kaitannya dengan pelajaran tersebut.

Di SMP kita mendefinisikan besaran Fisika sebagai segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka.

Sebenarnya istilah besaran dan satuan sudah ada sejak dahulu namun kini telah mengalami perubahan. Besaran dibagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Lalu apakah besaran pokok itu? Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah ditetapkan lebih dulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok terdiri dari 7 macam besaran, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya dan jumlah molekul zat. Untuk lebih jelasnya contoh besaran pokok beserta simbol besaran dan satuannya bisa dilihat pada tabel dibawah ini: 
sumber gambar: informasiana.com
Bagaimana dengan besaran turunan?
Dikatakan besaran turunan karena besaran tersebut merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, contohnya luas yang dirumuskan sebagai panjang x lebar, termasuk kedalam besaran turunan karena luas diturunkan dari dua besaran panjang. Contohnya lagi adalah kecepatan (v=s/t) diturunkan dari besaran panjang dan waktu (s=jarak (panjang), t=waktu). Perhatikan contoh besaran turunan dibawah ini untuk mempermudah pemahaman kalian:

sumber gambar: gurumuda.net
Sistem Internasional (SI)
 
Pada bahasan diatas telah dibahas bahwasanya besaran dan satuan sudah ada dari jaman dahulu namun kini mengalami perubahan. Dulu orang menyatakan satuan untuk panjang menggunakan hasta, depa dan jengkal, khususnya untuk orang Indonesia. Hal ini berbeda dengan di Inggris, mereka menggunakan satuan inch dan feet (kaki), dan di Perancis menggunakan istilah meter.

Adanya perbedaan istilah satuan di setiap negara menimbulkan kesulitan dalam beberapa hal diantaranya:
  1. Kesulitan untuk menyesuaikan ukuran yang satu dengan yang lain
  2. Diperlukan bermacam-macam alat ukur yang sesuai dengan satuan yang digunakan oleh setiap negara.
  3. Kesulitan dalam mengkonversi dari satu satuan ke satuan yang lain.
Karena adanya kesulitan yang ditimbulkan oleh penggunaan sistem satuan yang berbeda, maka munculah gagasan untuk menggunakan satuan yang sama dan berlaku secara universal. Maka dalam suatu perjanjian internasional menetapkan suatu satuan sistem internasional (International System of Units) yang biasa kita sebut dengan satuan SI. 

sumber gambar: elektronika-dasar.web.id


Tuesday, 18 August 2015

Mengapa Kita Disuntik Di Pantat?

Hahaha.. geli ya baca judulnya?

Awalnya saya juga penasaran, kenapa ketika pasien sakit disuntik di pantat padahal sakitnya bukan di pantat?
itulah pertanyaan konyol yang pernah menggelayut di pikiran saya. Seperti biasa ketika saya galau karena tidak menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan konyol yang mampir dipikiran saya, dengan semangat 45 saya akan pergi ke mbak Gramed atau mbah GOOGLE :P

Injeksi di bagian pantat
Tidak lama saya menemukan jawabannya..
Taraaa..

Ternyata ada 2 jenis suntikan yang dilakukan dalam medis, yang pertama yang langsung di suntikan ke pembuluh darah, agar obat langsung menyebar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Injeksi ini biasanya dilakukan kepada pasien gawat darurat yang harus mendapatkan pengobatan cepat. Injeksi macam ini efeknya memang terasa dengan cepat namun efek pengobatannya tidak bertahan lama.

Sedangkan jenis yang kedua ialah dengan cara menyuntikan ke bagian tubuh yang memiliki daging atau otot. Obat yang disuntikan ke otot atau daging akan mudah tersbar, karena pada bagian tubuh tersebut memiliki banyak pembuluh darah halus. Obat akan disalurkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah secara perlahan. Efek obatnya terasa lama namun untuk pengobatannya lebih tahan lama dibandingkan injeksi langsung ke pembuluh darah.

Pada bagian pantat terdapat daging sehingga tidak begitu sakit ketika diinjeksi, selain itu dibagian pantat terdapat banyak pembuluh darah halus yang akan menyebarkan obat ke seluruh tubuh.
Contohnya ketika kita sakit gigi, dokter akan menyuntikan obat dibagian pantat kan? Dibandingkan harus disuntik dibagian gigi? itu akan terasa sakit..

Nah sekarang sudah tau kan sob kenapa kita disuntik di pantat? ^_^
Terimakasih atas kunjungannya ya sob.. dan nantikan artikel saya selanjutnya.

Semangat Berbagi !!

Kenapa Orang-orang Memakai Jam Tangan Di Kiri ?

Arloji saku
Pada zaman dahulu sebelum ditemukan jam tangan, orang-orang menggunakan jam dan disimpan di dalam saku atau biasa disebut arloji saku. Namun seorang penemu merasa arloji saku merepotkan dalam penggunaannya, seseorang harus mengambil jam di saku terlebih dahulu, bayangkan kalau kedua tangan kita sedang memegang sesuatu?

Akhirnya diciptakanlah sebuah jam tangan yang tinggal dililit saja di pergelangan tangan kita.

Tapi kenapa ya kebanyakan orang menggunakan jam tangan disebelah kiri?
kenapa tidak disebelah kanan saja?



Sebenarnya tidak semua orang menggunakan jam tangan di sebelah kiri, coba deh perhatikan orang-orang disekitar ketika kita ada di tempat umum. Memang sebagian orang banyak menggunakan tangan kanan dalam beraktivitas. Sehingga memakai jam tangan di sebelah kanan akan mereptokan mereka dalam mengerjakan sesuatu.
Orang yang menggunakan tangan kanan dalam berakativitas seperti melempar, memukul bola, menulis dan lainnya, akan memakai jam disebelah kiri, biar ga rusak saat melakukan aktivitas sob. hehe

Bagi orang yang kidal, mereka banyak menggunakan tangan kirinya dalam beraktivitas, akhirnya mereka menggunakan jam tangan di sebelah kanan.
Di tangan sebelah kanan atau kiri terkadang tergantung dari orang tersebut lebih nyaman menggunakan jam tangan di sebelah mana. Contohnya saya, jujur saya menggunakan jam tangan di sebelah kanan, tapi saya banyak bukan orang kidal murni :D

Jujur saya dulu pernah ditanya "Kok, pake jam tangan di sebelah kanan?" eitss.. emang ada yang salah ya?

Yang perlu kita syukuri adalah, untungnya ditemukan sebuah jam tangan dan arloji saku. Saya tidak bisa membayangkan kalau kita harus menggunakan jam dinding kemana-mana. Hmm.. Namun, pada kenyataannya seiring berkembangnya teknologi sekarang ada sebagian orang yang lebih memilih melihat jam lewat HP mereka ketimbang jam tangan. Yaa.. itu kan hak mereka.

Tangan kiri atau kanan tidak masalah yang penting nyaman sob
Intinya terserah sob mau pakai jam tangan di sebelah mana, asal jangan pake dua-duanya meskipun itu tetap jadi hak masing-masing barang kali mau dilihat beda dari orang lain :D

Thanks a lot brother sister.. atas kunjungannya
nantikan artikel lainnya yaa

Semangat Berbagi !!